3.23.2009

El Barca berpesta gol ke gawang CD Malaga


Pimpinan klasemen sementara La Liga Barcelona terus menunjukkan tajinya sebagai kandidat terkuat juara musim ini. Itu setelah El Barca berpesta gol ke gawang CD
Malaga 6-0 pada jornada ke-28 di Stadion Camp Nou, Senin (23/3/2009).

Ya, kemenangan ini terus memantapkan Los Azulgrana di pucuk klasemen dengan koleksi 69 poin sekaligus menjaga jarak dengan rival abadinya Real Madrid dengan selisih enam poin. Sedangkan bagi Malaga, kekalahan ini memaksa mereka terperosok dua peringkat ke posisi delapan dengan perolehan 43 poin.

Pada pertandingan tersebut, Barca memang tampil jauh lebih superior ketimbang tim tamu. Alhasil, Barca tak butuh waktu lama untuk membuka keunggulan. Pada menit ke-19, Xavi Hernandez membuka parade gol Barca lewat satu sentuhan manis setelah memanfaatkan umpan Samuel Eto'o. 1-0 Barca unggul.

Belum sempat bangkit, enam menit berselang gawang Racing yang dikawal Inaki Goitia kembali bobol lewat aksi Lionel Messi yang berhasil menerobos barisan belakang Malaga sebelum melepaskan tembakan terarah yang tak kuasa dihentikan Goitia. 2-0 untuk Barca. Gol ini menjadi koleksi gol ke-30 bintang Argentina itu sepanjang musim ini.

Tak puas mencetak dua gol, Barca terus membombardir pertahanan Malaga. Alhasil, pada menit ke-32 Thierry Henry berhasil membuat timnya unggul 3-0. Memanfaatkan umpan Xavi, bomber asal Prancis itu sukses mengecoh Goitia sebelum melepaskan tembakan yang meluncur mulus ke gawang.

Di penghujung babak pertama, Samuel Eto'o melengkapi koleksi gol trisula maut Barca yang sebelumnya dicetak Messi dan Henry pada menit ke-44. Lagi-lagi, gol berawal dari umpan Xavi yang kemudian diselesaikan dengan sempurna Eto'o lewat tembakan yang bersarang di sudut jauh Goitia. Keungulan 4-0 Barca bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barca tak juga mengendurkan tempo pertandingan dan terus menekan pertahanan Malaga. Alhasil, lima menit berselang, bek asal Brasil Dani Alves turut mencatatkan namanya pada papan skor sekaligus mengubah skor menjadi 5-0 untuk Barca.

Berawal dari kejeniusan Andres Iniesta dalam memberikan umpan lob indah yang melewati barisan belakang Malaga, Alves yang naik membantu serangan berhasil mengontrol bola tersebut sebelum akhirnya memperdaya Goitia lewat satu sentuhan manis.

Tertinggal lima gol, mental para pemain Malaga hancur berantakan. Alhasil mereka pun hanya bermain bertahan sambil sesekali melancarkan serangan balik tanpa mampu meladeni permainan kolektif para pemain Barca. Menyadari mental bermain lawannya ambruk, El Barca semakin leluasa mendominasi jalannya laga.

Terbukti, Barca berhasil melengkapi parade golnya menjadi setengah lusin (6-0) lewat gol penutup yang diciptakan Eto'o pada menit ke-56. Berawal dari bola muntah hasil akselerasi Sylvnho, Henry yang menerima bola rebounds memberikan umpan manis kepada Eto'o untuk kemudian melepaskan tembakan terarah yang tak kuasa di bendung Goitia. Hingga laga usai, Barca semakin jumawa menatap trofi La Liga dengan kemenangan telak 6-0 atas Malaga.

Susunan Pemain:
Barcelona: V. Valdes, Daniel Alves, Rafa Marquez, Jose Martin Caceres, Sylvinho, Yaya Toure/S. Keita, Xavi/Bojan Krkic, Iniesta/E. Gudjohnsen, Messi, Thierry Henry, Eto'o.

Malaga: Goitia, Jesus Gamez/Manolo, Helder Rosario, Iban Javier Cuadrado, Nacho, Apono, Lolo/Duda, Eliseu Pereira, Fernando, Luque, Salva.

Tidak ada komentar: